Enterprise Architecture

Enterprise Architecture

Enterprise Architecture (EA) menerjemahkan visi dan strategi ke dalam perubahan perusahaan yang efektif dengan menciptakan, mengkomunikasikan dan meningkatkan kunci persyaratan, prinsip, driver dan model yang menggambarkan keadaan perusahaan di masa depan dan memungkinkan evolusinya. EA menetapkan roadmap organisasi secara luas untuk mencapai misi melalui kinerja yang optimal dari fungsi inti bisnis dalam teknologi informasi yang efisien (TI) lingkungan. Arsitektur enterprise adalah blueprint; mereka menentukan organisasi saat ini (baseline) dan yang diinginkan (target) lingkungan, dan menentukan mekanisme untuk secara sistematis mengubah perusahaan untuk mencapai hasil sasaran.

Menurut Gartner, EA adalah disiplin yang secara proaktif dan holistik merespon gangguan perusahaan dengan mengidentifikasi dan menganalisis pelaksanaan perubahan terhadap visi bisnis yang diinginkan dan target yang diharapkan. EA memberikan nilai dengan menghadirkan para pemimpin bisnis dan TI dengan rekomendasi untuk menyesuaikan kebijakan dan proyek untuk mencapai hasil sasaran bisnis yang memanfaatkan gangguan bisnis yang relevan. EA digunakan untuk mengarahkan pengambilan keputusan terhadap evolusi arsitektur di masa yang akan datang.

EABOK menyediakan refrensi yang siap digunakan untuk menambah pengetahuan tentang EA. EABOK terurai menjadi lima bidang pengetahuan yang kira-kira sesuai dengan tahapan dalam siklus pengembangan EA – perencanaan, pengelolaan, pengembangan, penggunaan dan mengukur EA. Fase tidak menyiratkan berurutan pemesanan. Memang, beberapa fase (misalnya mengelola EA) beroperasi secara paralel dengan fase lainnya. Selain itu, EA dapat dikembangkan dengan cara bertahap, sehingga iterasi awal EA berada di penggunaan dan pengukuran fase sementara iterasi berikutnya sedang direncanakan. Fase lifecycle dimaksudkan untuk membantu pembaca untuk menemukan referensi yang tepat dan bimbingan berdasarkan kepentingan mereka dan peran mereka dalam program EA.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrShare on RedditDigg thisShare on StumbleUponShare on Google+Email this to someone