Pengembangan EA

Pengembangan Enterprise Architecture

Pengembangan EA mencakup semua kegiatan yang berhubungan dengan menciptakan dan mempertahankan arsitektur enterprise untuk tujuan tertentu. Pengembang EA menyediakan blueprint untuk mengubah perusahaan dari kondisi saat ini ke keadaan akhir yang diinginkan untuk mencapai hasil strategis. Bahwa  akhir yang diinginkan dapat mengatasi perubahan organisasi, transformasi proses bisnis, integrasi data, sistem rekayasa ulang atau teknologi modernisasi. Pengembang EA menjelaskan cara sistematis berevolusi ke keadaan akhir, sering secara bertahap.

EA dari artefak harus dikembangkan dengan pemahaman yang jelas tentang bagaimana EA akan digunakan dan siapa yang akan menggunakannya. Untuk perancang sistem, EA dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi alternatif desain dan memilih solusi optimal. Untuk pengguna misi, EA dapat memberikan wawasan mengenai bagaimana praktek _ dirampingkan atau ditingkatkan melalui otomatisasi. Untuk manajer keuangan, EA mungkin menawarkan rencana investasi yang diperlukan dan pemahaman tentang apa penghematan biaya akan dicapai melalui konsolidasi.

Pengembang EA dapat memilih dari berbagai reference model , framework, proses dan modelling notations, mengingat penggunaan diantisipasi dari EA. Selain itu, komunitas pengembang telah menghasilkan sejumlah alat komersial untuk mendukung pengembangan EA yang efisien, analisis dan penggunaan yang benar. Bidang pengetahuan ini memberikan referensi dan pedoman untuk membantu pengembang dalam membuat pilihan ini.

Pengembang EA juga _ perlu memutuskan bagaimana untuk mengumpulkan data yang relevan untuk EA. Informasi dapat berasal dari sumber legacy, misalnya desain sistem saat ini atau praktek bisnis didokumentasikan. Pengembang EA mungkin perlu untuk menghasilkan informasi baru dengan instrumenting dan sistem pemantauan saat ini atau kegiatan percontohan, melakukan eksperimen dan latihan, atau melakukan penelitian ke dalam kapabilitas dan risiko teknologi baru dan praktek dalam pertimbangan.

1. Prinsip
Prinsip adalah suatu pedoman umum untuk perilaku dalam situasi tertentu. Kegunaan prinsip dalam orientasi umum dan perspektif; mereka tidak menentukan tindakan tertentu. Prinsip yang diberikan berlaku dalam beberapa konteks, tetapi tidak semua konteks. Prinsip-prinsip yang berbeda mungkin bertentangan dengan satu sama lain, seperti prinsip aksesibilitas dan prinsip keamanan. Oleh karena itu, menerapkan prinsip-prinsip dalam pengembangan EA membutuhkan musyawarah dan sering pengorbanan. Pemilihan prinsip untuk diterapkan ke EA yang diberikan didasarkan pada kombinasi dari lingkungan umum perusahaan dan spesifik dari tujuan dan tujuan dari EA. Penerapan prinsip-prinsip yang tepat memfasilitasi grounding, keseimbangan, dan posisi EA.

Prinsip dipertimbangkan dalam mengembangkan EA terdiri dari beberapa jenis. Ini termasuk prinsip-prinsip perusahaan, prinsip arsitektur, dan prinsip-prinsip teknologi informasi, serta prinsip-prinsip integratif yang mengikat bersama-sama. Bidang topik ini meliputi bimbingan dan referensi lain yang akan membantu praktisi EA menetapkan prinsip-prinsip yang tepat di atasnya untuk mengembangkan EA sukses.

2. Model
Model EA adalah sebuah pendekatan, abstraksi atau representasi dari perusahaan atau bagian daripadanya, yang dapat mencakup orang, proses, sistem, informasi, dan / atau teknologi. Model yang digunakan untuk mendapatkan wawasan ke dalam struktur, perilaku, interaksi, dan sifat dari perusahaan saat ini, dan untuk menganalisis dampak dari potensi perubahan. Model sangat penting untuk memahami bagaimana perubahan perusahaan dapat mengatasi tujuan strategis. Mereka menyediakan cara yang efisien untuk bereksperimen dengan desain atau proses alternatif sebelum melakukan investasi dalam inisiatif baru. Sebuah model atau set reference model merupakan cara yang efektif untuk menggambarkan arsitektur karena reference model cenderung membuat deskripsi yang lebih tepat. Model juga dapat berguna untuk simulasi adalah arsitektur untuk kelayakan atau analisis alternatif. adalah arsitektur executable adalah arsitektur yang dikembangkan baik sebagai deskripsi dan simulasi.

Model EA adalah sebuah pendekatan, abstraksi atau representasi dari perusahaan atau bagian daripadanya, yang dapat mencakup orang, proses, sistem, informasi, dan / atau teknologi. Model yang digunakan untuk mendapatkan wawasan ke dalam struktur, perilaku, interaksi, dan sifat dari perusahaan saat ini, dan untuk menganalisis dampak dari potensi perubahan. Model sangat penting untuk memahami bagaimana perubahan perusahaan dapat mengatasi tujuan strategis. Mereka menyediakan cara yang efisien untuk bereksperimen dengan desain atau proses alternatif sebelum melakukan investasi dalam inisiatif baru. Sebuah model atau set reference model merupakan cara yang efektif untuk menggambarkan arsitektur karena reference model cenderung membuat deskripsi yang lebih tepat. Model juga dapat berguna untuk simulasi adalah arsitektur untuk kelayakan atau analisis alternatif. adalah arsitektur executable adalah arsitektur yang dikembangkan baik sebagai deskripsi dan simulasi.

3. Metodologi & Proses
Metodologi pengembangan EA adalah sebuah metode, aturan dan postulat yang digunakan untuk menstruktur, merencanakan, dan melaksanakan proses pengembangan EA. Suatu metodologi biasanya menentukan satu set tahap pengembangan, masing-masing dengan input _ _ dan output yang telah didefinisikan. Tujuannya adalah untuk memungkinkan EA untuk dikembangkan secara konsisten dan sistematis.

Proses adalah serangkaian tindakan atau operasi _ dan harus diikuti untuk mencapai sebuah hasil. Metodologi dapat digunakan untuk menentukan satu atau lebih proses dan harus diikuti, atau mungkin mendefinisikan serangkaian tindakan dan hasil tanpa urutan tindakan. Berbagai metodologi pengembangan EA telah berevolusi selama bertahun-tahun, memberikan tim EA kesempatan untuk memilih yang paling cocok dengan kebutuhan mereka. Metodologi EA menonjol termasuk The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Arsitektur Metode Pengembangan (ADM), Federal Enterprise Architecture (FEA) metodologi, dan praktik Gartner EA.

4. Kerangka
Kerangka didefinisikan sebagai: “. Konvensi, prinsip dan praktek untuk deskripsi adalah arsitektur didirikan dalam domain tertentu aplikasi dan / atau masyarakat pemangku kepentingan” (ISO 2011). Kerangka adalah struktur logis untuk mengklasifikasikan dan mengorganisir informasi yang kompleks. Sebuah kerangka EA menyediakan struktur pengorganisasian untuk informasi yang terdapat dalam dan menggambarkan EA. Kategorisasi informasi EA memfasilitasi berpikir tentang arsitektur dan bagaimana informasi berhubungan satu sama. Pengembang EA framework dapat menentukan data, reference model, dan pandangan yang dibutuhkan untuk menggambarkan EA dan menunjukkan bagaimana untuk menggambarkan hubungan antara berbagai jenis informasi EA seperti kebutuhan misi, proses bisnis, dan IT kapabilitas. Penggunaan framework dapat mempercepat proses pembangunan arsitektur. Menggunakan kerangka yang sama di berbeda tetapi terkait EA meningkatkan komparabilitas dari EA dan memfasilitasi komunikasi antara arsitek, perencana, dan pengembang.

framework EA umum terkemuka termasuk Kerangka Zachman untuk Enterprise Architecture dan The Open Group Kerangka Arsitektur (TOGAF). Kerangka berfokus pada pemerintah EA meliputi Federal Enterprise Architecture (FEA), AS DoD Arsitektur Framework (DoDAF), dan Kementrian Pertahanan Inggris Arsitektur Framework (MoDAF). Dua yang terakhir sedang dalam proses penyatuan dalam Profil Bersatu untuk DoDAF / MoDAF (UPDM).

5. EA Perangkat
Sebuah perangkat EA adalah sistem perangkat lunak yang membantu dalam pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan arsitektur enterprise beserta deskripsi dari artefak. Perangkat EA termasuk yang menghasilkan model (beserta deskripsi arsitektur dari artefak) dan orang-orang yang menyimpan data arsitektur dan metadata mereka. Perangkat EA dapat digunakan oleh pengembang dan desainer untuk membangun, mewakili, menyimpan, memanipulasi dan berbagi data arsitektur. Perangkat EA mendukung kolaborasi di seluruh tim pengembangan EA. Beberapa tools mendukung modelling statis atau simulasi dinamis dari perusahaan dan sistemnya. Perangkat dapat memberikan kapabilitas visualisasi untuk menampilkan data arsitektur dengan cara yang mendukung desain dan analisis, timbal balik investasi, atau eksekutif pengambilan keputusan. Selain itu, alat-alat seperti alat uji atau tool penunjang keputusan juga dapat digunakan selama pelaksanaan program EA untuk mendukung analisis seperti analisis timbal balik.

6. Standar
Standar mendefinisikan aturan yang mengatur spesifikasi adalah arsitektur enterprise, pengaturan, interaksi, dan interdependensi bagian atau elemen dari EA, atau proses pengembangan EA.

Penggunaan standar metodologi pengembangan EA, kerangka kerja, atau modelling / arsitektur deskripsi bahasa yang sering digunakan untuk memfasilitasi pengembangan EA dan kolaborasi, dan / atau untuk menghasilkan subyek arsitektur atau sistem interoperabilitas bunga itu. Dalam konteks pengembangan EA, standar mungkin termasuk: penggunaan representasi arsitektur data atau bahasa beserta deskripsi arsitektur yang meresepkan notasi modelling, semantik, dan jenis model atau beserta deskripsi arsitektur dari artefak; penggunaan kerangka EA yang mengatur satu set pandangan dan sudut pandang dan pengembangan seperangkat beserta deskripsi arsitektur dari artefak; penggunaan nama standar dan taksonomi untuk data arsitektur; atau satu set pola desain.

Selain standar modelling, berbagai standar yang ada dan berlaku di perusahaan, bisnis, dan tingkat solusi teknis, dan memberikan aturan dalam pembuatan keputusan arsitektur yang dibuat, building blocks umum diidentifikasi, dan solusi dikembangkan. Standar termasuk standar industri, konvensi pelaksanaan, aturan, dan kriteria yang dapat diatur dalam profil yang mengatur elemen solusi untuk arsitektur tertentu. Standar domain arsitektur berfungsi untuk memastikan bahwa solusi memenuhi serangkaian _ persyaratan yang telah ditentunkan.

7. Reference Model & Arsitektur
Pengakuan, kodifikasi, dan penggunaan (reuse) artefak umum adalah suatu pendekatan yang digunakan dalam disiplin ilmu teknik tradisional, di mana mereka biasanya disebut desain konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam komunitas EA juga, dinyatakan dalam berbagai konsep dan istilah yang meliputi model referensi, referensi arsitektur, arsitektur domain, arsitektur lini produk, pola arsitektur, dan gaya arsitektur. ini memiliki kesamaan bahwa mereka dengan sengaja _ pada level umum yang berlaku untuk beberapa perusahaan atau adalah arsitektur. Mereka memfasilitasi pengembangan EA tertentu dengan menyediakan umum entitas, fungsi, hubungan, dan konsep-konsep atau istilah yang dapat disesuaikan dan khusus dengan konteks dan tujuan arsitektur perusahaan tertentu. Masyarakat EA masih dalam proses mencapai konsensus mengenai definisi dari artefak ini dan perbedaan di antara mereka.

Sebuah referensi arsitektur adalah arsitektur umum yang digunakan untuk arsitektur tertentu seperti arsitektur enterprise, arsitektur sistem, atau arsitektur perangkat lunak. Sebuah arsitektur atau EA dapat didasarkan pada satu atau beberapa reference model . Sebuah contoh umum dari arsitektur referensi adalah Generalised Perusahaan Reference Arsitektur dan Metodologi (GERAM), yang juga terdiri dari kerangka dan metodologi. Referensi arsitektur juga dapat didefinisikan untuk domain tertentu, dan kadang-kadang disebut arsitektur domain.

Pengembangan EA tertentu dapat menggunakan salah satu dari dari artefak umum. Semua di antaranya membantu dalam berbagai cara untuk menghindari harus membuat seluruh EA dari awal, dan membantu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman yang masuk ke formasi dan definisi umum reference model, adalah arsitektur, dan pola.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrShare on RedditDigg thisShare on StumbleUponShare on Google+Email this to someone